Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Template Blogger Terbaik Rekomendasi

PSIKOLOGI PENDIDIKAN

PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Konsep dasar ilmu psikologi pendidikan memberi pemahaman tentang anak sebagai pelajar, bagaimana anak belajar, bagaimana guru memotivasi anak belajar dan bagaimana guru mengevaluasi hasil belajar.

Tujuan mempelajari ilmu psikologi dalam pendidikan adalah untuk memahami dan meningkatkan proses belajar dan pembelajaran.

Sehingga dapat disimpulkan dengan memahami teori dan ilmu psikologi, pendidik akan memahami perannya yang sesungguhnya yaitu membuat peserta didik mau dan tahu bagaimana cara belajar.

Pada artikel ini, EPSIKOLOGIPENDIDIKAN akan mengulas soal konsep dasar psikologi pendidikan yang terdiri dari: definisi dan pengertian psikologi pendidikan menurut para ahli, sejarah, teori, ruang lingkup, dan manfaat dimana materi tersebut berguna sebagai penguatan dalam pemahaman konsep psikologi untuk pengajar dan siswa/siswi. 

PSIKOLOGI PENDIDIKANV


Psikologi pendidikan pun banyak memanfaatkan teori dari disiplin ilmu psikologi lain, terutama psikologi perkembangan, psikologi behavioral (keperilakuan), dan psikologi kognitif, dalam rangka menyelesaikan masalah pendidikan yang kian beragam di lingkungan yang juga kian kompleks.Topik-topik pembahasan yang tercakup dalam psikologi pendidikan antara lain seperti prestasi belajar, proses intruksional, perbedaan individual dalam belajar, siswa berbakat, anak berkebutuhan khusus, dan masalah-masalah kesulitan belajar.

Selain itu, ada pula yang bekerja di sekolah dasar dan sekolah menengah untuk menangani langsung masalah-masalah individual siswa. Mereka menjadi tempat guru berkonsultasi, menjadi rekan untuk berkolaborasi mengembangkan pendekatan belajar, mendesain kurikulum, menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, dan mengukur hasil belajar secara akurat dan dapat diandalkan. Ahli-ahli psikologi dan psikolog pendidikan dapat bekerja di lingkungan yang bermacam-macam, seperti di perguruan tinggi sebagai pengajar atau peneliti. Di luar itu, banyak yang berperan sebagai konsultan yang membantu guru-guru mengembangkan program pembelajaran, mendesain materi untuk instruksi ataupun pelatihan di lingkungan pendidikan ataupun tempat kerja. 

Psikologi diartikan sebagai studi ilmu yang mempelajari tentang kejiwaan dan tingkah laku manusia (Slater, 2005). Psikologi pendidikan dimaksudkan untuk memberikan pengaruh dalam kegiatan pendidikan pembelajaran dan proses belajar mengajar yang lebih efektif dengan memperhatikan respon kejiwaan dan  tingkah laku anak didik. Keadaan sistem pembelajaran, cara mengajar, dan anak didik di setiap daerah tidaklah sama.

Kebiasaan anak didik ketika berada di lingkungan keluarga dan lingkungan pendidikan terkadang juga berbeda. Psikologi pendidikan muncul untuk memberikan perbaikan pada dunia pendidikan dalam menerapkan kurikulum, proses belajar mengajar, layanan konseling dan evaluasi untuk mendapatkan kualitas anak didik yang lebih baik.

Pengertian Psikologi Pendidikan Menurut Para Ahli

  • Psikologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku dan gejala gejala jiwa manusia (Abu, 2003).
  • Menurut Muhibin Syah (2003), psikologi pendidikan adalah sebuah disiplin psikologi yang membahas masalah psikologis yang terjadi dalam dunia pendidikan.
  • Psikologi pendidikan adalah studi yang sistematis terhadap proses dan faktor – faktor yang berhubungan dengan dunia pendidikan (Whiterington, 1982).
  • Sementara itu, Djiwandono (2002), mengatakan bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku dan pengalaman manusia.
  • Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan perilaku seseorang atau kelompok dalam usaha mendewasakan manusia dalam suatu pembelajaran atau pelatihan (KBBI).

Psikologi pendidikan bermaksud untuk menerapkan psikologi ke dalam proses yang membawa pengubahan tingkah laku, dengan kata lain untuk mengajar. Sedangkan arti psikologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari tentang belajar, pertumbuhan, dan kematangan individu serta penerapan prinsip – prinsip ilmiah terhadap reaksi manusia. Pendidikan tersebut bertujuan untuk mempengaruhi proses mengajar dan belajar.

Pengertian psikologi pendidikan menurut para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa psikologi pendidikan merupakan disiplin ilmu psikologi yang mempengaruhi proses belajar mengajar dalam dunia pendidikan.

Post a Comment for "PSIKOLOGI PENDIDIKAN"